Status YM

Status G-TALK

TROUBLE SHOOTING SPEEDY

Buat para pemakai speedy untuk sekedar membantu apabila terjadi trouble pada koneksi speedy anda berikut kami berikan cara mengatasi masalah pada speedy anda sebelum di lapor ke 147 :
Kali ini kami berikan trouble shooting berdasarkan indikasi lampu pada modem, modem apapun yang dipake untuk ADSL (layanan speedy) biasanya hanya 4 indikator lampu yang berfungsi yaitu Power, DSL / Link, Data / Internet dan Ethernet. ikuti cara mengatasi apabila ada perubahan pada indikator.

  • Lampu link dan data mati.

    1. Cek saluran telepon (angkat gagang telepon) apakah ada tone (nada) seperti biasanya jika ada cek selanjutnya jika tidak cek ke KTB (Kotak Terminal Batas) yang ada di dinding depan rumah jika di KTB tidak ada silahkan hub. 147 untuk menyampaikan gangguan saluran telepon anda.

    2. Jika nada telepon ada pada spliter (kotak putih yg ada 1 input dan 2 keluaran untuk phone dan modem)cek kabel yang masuk ke pesawat telepon dan modem apakah sudah sesuai atau tidak.

    3. Jika kabel yg masuk pada spliter sudah tepat kita cek konektor yang masuk di modem mungkin saja lepas atau kurang kuat masuknya.

    4. Jika semua perkabelan ok, coba offkan modem sesaat lalu onkan lagi dan tunggu beberapa saat.

    5. Jika saat dioff dan di-onkan lampu Power dan Ethernet langsung menyala bersamaan berarti modem dalam keadaan heng, biasanya hal tersebut disebabkan oleh tegangan yang mendadak putus (PLN off mendadak / trib) jika hal ini terjadi maka matikan modem lepas semua kabel yang masuk termasuk power dicabut dari catuan PLN,tunggu sesaat dan pencet tombol on-offnya tanpa ada kabel yang konek setelah itu pasang semua kabel termasuk power dan coba onkan mudah-mudahan dapat teratasi.

    6. Jika tidak hubungi 147/ petugas telkom setempat.

  • Lampu Ethernet mati.

    1. Jika lampu Ethernet mati cek kabel Lan yangterhubung dari Kompi ke modem, kalau punya Avo meter dapat di cek pake Avo meter atau LAN Tester apakah masih bagus atau rusak.

    2. Jika kabel RG 45 bagus maka cek kompi anda (Lan cardnya) apakah bagus atau tidak.

    3. Cek koneksi dengan kompi lain jika ok berarti yang masalah kompinya.

    4. Jika ke kompi lainpun tidak bisa sedangkan perkabelan bagus, sudah hampir di pastikan modem rusak. jika masih garansi tukar aja ke tempat anda beli. jika tidak ganti dehhh.

  • Lampu data / internet mati.

    1. Perlu diketahui bahwa lampu data untuk modem sanex atau prolink biasanya tanpa browsing atau konek ke kompi jika disetting PPOE maka akan selalu hidup jika lampunya mati maka kita coba offkan sesaat dan onkan lagi, untuk modem ARTICONET ACN100 biasanya tunggu 5 sampai 10 menit setelah itu di onkan lagi.

    2. Jika masih belum bisa konek cek ke dalam modem mengikuti manual book modem dengan masuk ke http://192.168.1.1 sesuai spesifikasi modem dan user:admin dan pass:admin atau password sesuai petunjuk manual book. Cek settingan wannya (user & passnya) apakah sesuai atau tidak jika tidak tanyakan ke pelayanan telkom terdekat user dan password speedy anda.

    3. Jika tidak bisa juga hubungi telkom terdekat atau 147 agar di ta ngani oleh petugas.

Demikian cara yang dapat kami berikan mudah-mudahan dapat membantu semua pemakai speedy.

5 comments:

Anonymous

Bang, gmn caranya tambahkan kecepatan speedy?? coz kecepatan speedy q tiba-tiba turun jadi 10 kbps... -Izzal:Ende-

Humris

srry bro izal ini ngeliat speednya dari koneksi lan ato status modem....saya sarankan yang diliat status modem masuk dengan alamat http://192.168.1.1 user/admin : admin......jadi bisa diliat status jaringannya baru bisa kita deteksi apa penyebabnya..thanks

Anonymous

terimakasih buat infonya bro...
jangan lupa gabung di blog ku
www.bermanblg.bblogspot.com

Humris

@Bernard : thanks sdh dikunjungi......alamatnya kelebiahan b. good blog

Anonymous

aga-agan indikator lampu modem internet/data/ppp mati,,di setting ppoe, sudah dilakukan restart modemnya..tapi setelah di on kan tetep mati juga, ga ada tagihan k providernya,..solusinya gmana ya?
makasih gan
email: man.kerja@gmail.com

Post a Comment

Template by : kendhin x-template.blogspot.com