Status YM

Status G-TALK

Tips Berinternet dengan Bijak di Kantor


Perkembangan pengguna internet di indonesia kini semakin pesat. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi membuat internet semakin akrab dengan kehidupan masyarakat. dan kadang membuat penggunanya seperti ketagihan. selain e-mail, pengguna internet juga sering memanfaatkan instan messaging, menjelajah di sosial networking, beraktivitas mengisi blog, dll.

Aktivitas itu sering bersifat personal, hanya berkaitan dengan urusan pribadi. Hal ini kadang menjadi masalah bila dilakukan di kantor. Selain menyita fokus perhatian dari pekerjaan yang seharusnya dilakukan, aktivitas itu juga kadang menyita waktu sehingga kita lebih banyak melakukan aktivitas pribadi daripada aktivitas perusahaan. Namun melepaskan diri dari internet juga rasanya agak sulit mengingat hal tersebut telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia saat ini.

Lalu bagaimana agar kita bisa tetap berinternet di kantor namun sekaligus tidak merugikan perusahaan? Berikut ada beberapa tips yang perlu anda lakukan:
  1. Forward e-mail. memiliki banyak e-mail telah biasa terjadi. Mungkin, selain memiliki e-mail yang diberikan perusahaan, anda juga memiliki e-mail lain yang di buat sendiri. Forwardkan saja e-mail anda tersebut ke satu account. Bila kapasitas e-mail perushaan tidak terlalu besar forwardkan saja ke free e-mail dengan kapasitas besar atau unlimited. Dengan begitu, anda bisa menghemat waktu dalam mengecek seluruh e-mail. Bila ingin membalas e-mail tersebut dari tempat asalnya. pilih waktu yang tepat dan tidak mengganggu aktivitas kantor.

  2. Datang lebih cepat, pulang lebih lambat. Bila kantor anda masuk jam 8 pagi, cobalah datang jam 7.00 sehingga anda punya waktu satu jam untuk melakukan aktivitas pribadi seperti mengisi blog, menjelajah situs web, atau melihat situs social networking seperti Facebook atau Friendster. Anda bisa pula melakukan hal yang sama dengan jam pulang. Bila jam pulang anda jam 5.00 sore, jangan mulai aktivitas pribadi anda sebelum jam tersebut.

  3. Manfaatkan jam istirahat. Untuk bekerja 8 to 5 atau dari jam 8 pagi hingga 5 sore, tentu ada waktu istirahat selama 1 jam. Waktu tersebut bisa digunakan juga berinternet. Agar lebih efektif, tentukan dulu apa saja yang akan anda tuju dalam berinternet. Bila perlu tulis di atas kertas. Dengan begitu, anda bisa menahan diri untuk tidak tergoda menjelajah ke halaman internet lain.

  4. Pilih appear offline. Bila anda pengguna instan massaging. pilihlah setting appear offline atau pasang status "busy". Dengan setting tersebut, anda bisa melihat teman2 yang online tetapi mereka tidak bisa melihat anda, Atau setidaknya mereka tahu bahwa anda sedang sibuk. Jadi, mereka tidak akan memanggil anda untuk chatting.

Selamat mencoba, semoga kesenangan anda tetap menjadi senyum bagi perusahaan.

0 comments:

Post a Comment

Template by : kendhin x-template.blogspot.com