Status YM

Status G-TALK

Bikin Server mudah dengan FileZilla Server

Tukaran File atau share file pake Flash disk biasalah dan agak repot tapi kalau pengen yang keren dan mudah coba deh bikin server sendiri di PC-mu untuk transfer file via FTP (File Transver Protokol) dan orang lain tinggal browsing ke server-mu, apa lagi untuk warnet pasti lebih asyik. kali ini saya coba kasih petunjuk bagaimana bikin FTP server menggunakan FileZilla server rilis 0.9.11. di winxp ikuti langkah demi langkahnya :

  1. Download softwarenya disini free .

  2. Jalankan software yang sudah didownload, klik tombol (I agree)lalu klik tombol (next)

  3. Klik tombol (next)kemudian klik tombol (next) lagi.

  4. Klik tombol (instal, tunggu proses sampe selesai dan klik tombol (close).

  5. Setelah itu muncul jendela connect to server dengan server address 127.0.0.1 dan port 14147, jika kita ingin selalu konek di server klik di kotak (always connect to this server) dan klik tombol (ok).

  6. Setelah itu akan muncul jendela FileZilla server dan kita akan lakukan sedikit settingan agar server dapat bekerja.

  7. Klik pada menu (edit) dan (user).

  8. Muncul jendela users, dibagian kanan klik tombol (add)dan masukan user account yang kita inginkan dan klik tombol (ok).

  9. Pada bagian tengah jendela users ada kotak password, kalau kita inginkan server kita menggunakan password contreng dan isikan password yang kita inginkan dan jika tidak kosongkan saja.

  10. Disamping kiri jendela users ada menu "shared folders" klik pada menu tersebut dan akan muncul tombol (add) di tengah jendela users dan klik tombol (add) tersebut.

  11. Akan muncul jendela Brows for folder arahkan ke folder yang akan kita share atau folder yang akan di akses oleh client dan klik tombol (ok)

  12. Muncul folder yang kita tentukan dan didepat folder tersebut ada icon "H" dan tentukan status filenya apakah hanya ingin dibaca saja (contreng kolom Read), ataukah dapat ditulis (contreng Read dan Write) dan ataukah dapat semuanya (contreng semua kolom Read, Write dan delete) sesuai keinginan kita.

  13. Hal yang sama di lakukan pada menu directory.

  14. Jika sudah cukup klik tombol (ok) di kiri bawah jendela users.

  15. Untuk mencoba apakah server kita bekerja atau tidak coba brows ke alamat ip komputer server (komp. tempat diinstal server tadi) dengan contoh alamat ftp://192.168.1.2 (sesuai ip komp. server) dan enter.

  16. Jika muncul jendela username dan password isikan sesuai yang kita buat dan klik tombol (ok) dan jika tampilan folder yang kita arahkan di settingan pada langkah 11 muncul berarti server yang kita buat sukses.

  17. Silahkan di browsing dari kompi. lain dalam jaringan LAN yang sama, untuk browsing ke server dari jaringan WAN atau via Internet akan saya jelaskan kemudian.

Selamat mencoba jika mendapat kesulitan silahkan tulis di kolom komentar.


1 comments:

kickymaulana

kalau tanpa kabel gimana ya?

Post a Comment

Template by : kendhin x-template.blogspot.com